Rabu, 21 Oktober 2020

Tentang Thricebowl

Thricebowl ini merupakan nama brand yang menjual makanan didalam box yang terdiri dari nasi dan lauk ayam. Berikut grafik perkembangan ricebox yang sudah dijual di Indonesia berdasarkan Google Trend :



Berikut analisa penjualan produk makanan ricebox :

Berdasarkan Grafik diatas tingkat  penjualan makanan ricebox di Indonesia itu relatif stabil, karena tingkat naik turunnya Grafik diatas tidak terlalu jauh dan cenderung berada diangka 50  yang berarti masih di dalam Tingkat Rata – Rata. Namun terjadi beberapa kali penurunan  namun  penurunan tertajam yang terjadi berada pada  10 Mei 2020 dimana saat itu Virus Covid-19 yang semakin memburuk yang membuat pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)  yang membuat berbagai macam tempat   usaha  ditutup  termasuk tempat penjualan Ricebox ini juga ditutup   untuk menghindari makin buruknya penularan Virus ini antara orang ke orang .Namun setelah tempat usaha  penjualan Ricebox ini dibuka kembali ,Penjualan Ricebox di Indonesia ini juga  meningkat kembali pada Bulan Juni dan Juli  karena tingkat kepraktisannya yang membuat Ricebox ini  menjadi Pilihan Utama   untuk membelinya apalagi di Era Pandemi seperti ini.


   Ancaman (Threats) :

    1. Banyaknya jumlah pesaing.
    2. Tuntutan teknologi yang semakin canggih.
    3. Persaingan harga yang ketat antar sesama industri makanan.
    4. Konsumen yang mudah bosan
    5. Harga bahan baku yang tidak selalu stabil

       Peluang (Opportunity) :

    1.  Sebagai pilihan menu makanan pokok yang sangat disukai
    2. Masyarakat saat ini memiliki sifat ingin tahu yang tinggi terhadap produk baru
    3. Banyaknya Pemasok
    4. Banyak media atau saluran promosi yang memiliki biaya rendah seperti media sosial
    5. Daya tawar pemasok tidak terlalu kuat.

Kelemahan (Weakness) :

    1. Tidak tahan lama
    2. Mudah ditiru
    3. Digital Marketing kurang
    4. Tempat produksi yang terbatas
    5.  Kurangnya karyawan bagian produksi

  Kekuatan (Strenght) : 

    1. Menggunakan bahan baku yang berkualitas
    2. Harga jual yang terjangkau
    3. Memiliki kemasan yang praktis
    4. Tanpa bahan pengawet
    5. Bahan baku yang mudah didapat

Product Life Cycle (PLC)

-         Tahap Perkenalan (Introducing)

Thricebowl ini merupakan nama brand yang menjual makanan di dalam box karton yang terdiri dari nasi dan lauk pauk, dengan rasa yang enak dan harga yang terjangkau Yang dijual dan dapat dibeli untuk daerah Kota Bekasi. Dimana Thricebowl ini melakukan promosi dengan memanfaatkan Media Sosial dan juga dengan membuat blog untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat, jika berminat ingin memesan bisa klik disini. Selain itu pada tahap ini harga produk masih relatif tinggi.

 

-           Tahap Pertumbuhan (Growth)

Dalam tahap pertumbuhan ini Thricebowl ini sudah mulai dikenal oleh Masyarakat dan untuk produksinya Thricebowl memproduksi dalam jumlah yang banyak, karena jumlah permintaan yang semakin meningkat, yang menimbulkan omset penjualan yang semakin membaik.

 

-           Tahap Kematangan (Maturity)

Pada tahap kematangan ini pendapatan yang dihasilkan sudah mulai stabil dan memiliki pelanggan.  Dan juga harga produk terus menurun karena untuk menyetarakan dengan produk pesaing yang ada.

 

-           Tahap Kemunduran (Decline)

Pada tahap kemunduran ini Thricebowl mengalami penurunan produksi, karena masyarakat sudah mulai jenuh dengan produk ini. Sehingga permintaan akan produk juga berkurang dan menyebabkan omset penjualan turun drastis yang menyebabkan kemunduran untuk produk Thricebowl.

 

0 komentar:

Posting Komentar